Saturday 13 July 2013

Tokoh Vegetarian di Bidang Sains & Teknologi

Daftar di bawah ini menampilkan berbagai tokoh yang vegetarian di bidang sains dan teknologi, maupun yang mendekati vegetarianisme seperti pescetarian, fruitarian, ataupun semi-vegetarian. Tokoh-tokoh di bawah bisa dibedakan ke dalam beberapa kelompok yaitu:

  • Vegetarian. Yang masuk kategori ini merupakan tokoh-tokoh yang belum saya ketahui secara jelas adalah vegetarian kategori apa. Mungkin saja masih mengkonsumsi telur atau susu.
  • Ovo-vegetarian. Tidak mengkonsumsi daging dan susu, namun masih mengkonsumsi produk telur.
  • Lacto-vegetarian. Tidak mengkonsumsi daging dan telur, namun masih mengkonsumsi produk susu.
  • Ovo-lacto-vegetarian. Tidak mengkonsumsi daging, namun masih mengkonsumsi produk telur dan susu.
  • Vegan. Tidak mengkonsumsi segala jenis produk yang berasal dari hewan, meliputi daging, susu, telur, madu, dll. Di luar makanan, pengertian vegan juga bisa diperluas menjadi tidak membeli segala produk yang mengeksploitasi hewan seperti kulit, rambut, sirkus hewan, produk yang diujicobakan pada hewan, dsj.
  • Raw-vegan. Vegan yang mengkonsumsi hampir seluruh makanannya secara mentah.
  • Pescetarian. Tidak mengkonsumsi daging kecuali seafood.
  • Fruitarian. Hanya mengkonsumsi makanan yang tidak membunuh baik hewan maupun tumbuhan, meliputi buah-buahan, kacang, padi, dan polong. Fruitarian tidak memakan tumbuhan yang langsung mati ketika dipanen seperti kentang atau wortel.
  • Semi-vegetarian. Menjadi vegetarian beberapa kali dalam satu periode, misalnya 3 kali seminggu. Atau tidak mengkonsumsi daging merah, namun masih mengkonsumsi daging unggas, ikan, susu, dan telur.
  • Flexitarian. Vegetarian yang kadang-kadang masih mengkonsumsi daging.

Update Tokoh Baru
Tokoh Profesi Status Kutipan
Bill Gates
Pengusaha, investor, programmer, penemu, dan dermawan asal Amerika Vegan "Masa depan daging adalah vegan."

-----------

Tokoh Profesi Status Kutipan
Albert Einstein
Fisikawan teoritis, penemu teori relativitas, salah satu tokoh terbesar dalam ilmu fisika Vegetarian "Sudah menjadi tugas kita untuk membebaskan diri . . . dengan cara memperluas lingkup kasih, merangkul semua makhluk hidup dan keseluruhan alam beserta keindahannya."

"Tidak ada yang akan lebih menguntungkan dan meningkatkan peluang survival manusia di bumi selain berevolusi ke diet vegetarian."

"Saya selalu memakan daging hewan disertai dengan perasaan bersalah."
Benjamin Franklin
Salah satu bapak penemu Amerika Serikat, penulis, politikus, ilmuwan, aktivis, dan diplomat. Vegetarian (beberapa merumorkan pescetarian) "Penolakan saya makan daging kadang merepotkan, dan saya sudah sering dicela karena keganjilan saya. Namun santapan ringan saya mendatangkan kemajuan yang lebih besar, kepala yang lebih jernih, dan pemahaman yang lebih cepat."
Hippocrates
Dokter dan filsuf jaman Yunani kuno Vegetarian "Biarkan makanan menjadi obat Anda dan obat menjadi makanan Anda."
Leonardo Da Vinci
Pelukis, pemahat patung, arsitek, musisi, matematikawan, teknisi, penemu, ahli bedah, geolog, kartografer, ahli botani, dan penulis asal Italia jaman Renaissans. Lacto-ovo vegetarian "Tubuh saya tidak akan menjadi kuburan bagi makhluk lain."

"Manusia raja dari segala hewan - seperti yang digambarkan orang -  saya lebih suka menyebutnya sebagai raja monster paling hebat - sebab kalian telah menyembelih hewan dengan maksud agar mereka memberikan kalian anak-anak mereka demi kepuasan tenggorokan, dan kalian telah menjadi kuburan dari segala binatang; dan saya bisa mengatakan lebih banyak lagi jika saya diperbolehkan menyampaikan kenyataannya."
Nikola Tesla
Penemu, insinyur listrik, insinyur mekanis, ahli fisika, dan futurist berketurunan Serbia asal Amerika. Lacto-vegetarian, mungkin juga lacto-ovo-vegetarian "Menanam sayuran jelas lebih mudah, karena itu saya pikir vegetarianisme merupakan peralihan yang baik dari kebiasaan barbar yang sudah mendarah daging. Gagasan bahwa kita bisa hidup dengan makan tumbuh-tumbuhan dan bahkan melaksanakan pekerjaan lebih hebat bukanlah sebuah teori, melainkan sebuah fakta yang terdemonstrasikan dengan baik."
Pythagoras
Filsuf, matematikawan, dan pendiri gerakan agama asal Yunani Ionia. Vegetarian (dan tidak mengkonsumsi kacang-kacangan) "Selama manusia masih menjadi pembunuh yang bengis terhadap makhluk hidup yang lebih rendah, dia tak'kan pernah menemukan kesehatan ataupun kedamaian. Selama manusia masih membantai hewan, mereka akan terus membunuh satu sama lain. Bahwasanya, siapa yang menabur benih-benih pembunuhan dan rasa sakit tidak bisa menuai kebahagiaan dan cinta."
Steve Jobs
Entrepreneur, penemu, dan CEO Apple Inc. Fruitarian, vegan, pada akhir masa hidupnya menjadi pescetarian -
Thomas A. Edison
Penemu (salah satunya lampu pijar) dan pengusaha asal Amerika. Vegetarian "Perlakuan tanpa kekerasan akan memimpin pada etika tertinggi, yang merupakan tujuan dari segala evolusi. Sampai kita berhenti menyakiti makhluk hidup lainnya, kita masih merupakan binatang buas."

No comments:

Post a Comment