Thursday 18 July 2013

Tokoh Vegetarian di Bidang Politik & Kemanusiaan

Daftar di bawah ini menampilkan berbagai tokoh yang vegetarian di bidang sains dan teknologi, maupun yang mendekati vegetarianisme seperti pescetarian, fruitarian, ataupun semi-vegetarian. Tokoh-tokoh di bawah bisa dibedakan ke dalam beberapa kelompok yaitu:

  • Vegetarian. Yang masuk kategori ini merupakan tokoh-tokoh yang belum saya ketahui secara jelas adalah vegetarian kategori apa. Mungkin saja masih mengkonsumsi telur atau susu.
  • Ovo-vegetarian. Tidak mengkonsumsi daging dan susu, namun masih mengkonsumsi produk telur.
  • Lacto-vegetarian. Tidak mengkonsumsi daging dan telur, namun masih mengkonsumsi produk susu.
  • Ovo-lacto-vegetarian. Tidak mengkonsumsi daging, namun masih mengkonsumsi produk telur dan susu.
  • Vegan. Tidak mengkonsumsi segala jenis produk yang berasal dari hewan, meliputi daging, susu, telur, madu, dll. Di luar makanan, pengertian vegan juga bisa diperluas menjadi tidak membeli segala produk yang mengeksploitasi hewan seperti kulit, rambut, sirkus hewan, produk yang diujicobakan pada hewan, dsj.
  • Raw-vegan. Vegan yang mengkonsumsi hampir seluruh makanannya secara mentah.
  • Pescetarian. Tidak mengkonsumsi daging kecuali seafood.
  • Fruitarian. Hanya mengkonsumsi makanan yang tidak membunuh baik hewan maupun tumbuhan, meliputi buah-buahan, kacang, padi, dan polong. Fruitarian tidak memakan tumbuhan yang langsung mati ketika dipanen seperti kentang atau wortel.
  • Semi-vegetarian. Menjadi vegetarian beberapa kali dalam satu periode, misalnya 3 kali seminggu. Atau tidak mengkonsumsi daging merah, namun masih mengkonsumsi daging unggas, ikan, susu, dan telur.
  • Flexitarian. Vegetarian yang kadang-kadang masih mengkonsumsi daging.

Update Tokoh Baru
Tokoh Profesi Diet Kutipan
Seto Mulyadi

Psikolog dan pembawa acara TV anak-anak asal Indonesia. Vegan "Insya Allah saya akan vegan selamanya."

"Ayo kita semua sama-sama vegan, minggu depan saya pastikan semua anak-anak ikut hadir, masih ada dua yang belum vegan, target saya semuanya kelak bisa ikutan vegan."
1

--------------

Tokoh Profesi Diet Kutipan
Adolf Hitler
Politikus dan pemimpin Partai Nazi berdarah Austria asal Jerman. Semi-vegetarian (?) "Ada satu hal yang bisa saya prediksi untuk pemakan daging: dunia masa depan akan jadi vegetarian."

"Saya vegetarian, dan mereka harus memisahkan daging  mereka dari saya."
Benjamin Franklin
Salah satu bapak penemu Amerika Serikat, penulis, politikus, ilmuwan, aktivis, dan diplomat. Vegetarian (beberapa merumorkan pescetarian) "Penolakan saya makan daging kadang merepotkan, dan saya sudah sering dicela karena keganjilan saya. Namun santapan ringan saya mendatangkan kemajuan yang lebih besar, kepala yang lebih jernih, dan pemahaman yang lebih cepat."
R.A. Kartini
Pahlawan Indonesia, pejuang emansipasi wanita Vegetarian "Hidup sebagai vegetarian merupakan doa tanpa kata ke hadirat Yang Mahatinggi."

"Kami (Kartini dan adiknya) sekarang pantang makan daging. Sudah lama kami merencanakan itu, dan bahkan beberapa tahun saya hanya makan tanaman saja, tetapi tidak punya cukup keberanian susila untuk bertahan. Saya masih muda sekali, masih berusia 14, 15 tahun."
1

No comments:

Post a Comment