Sunday 11 August 2013

Tokoh Vegetarian di Bidang Ekonomi & Entrepreneurship

Daftar di bawah ini menampilkan berbagai tokoh yang vegetarian di bidang sastra dan sejarah, maupun yang mendekati vegetarianisme seperti pescetarian, fruitarian, ataupun semi-vegetarian. Tokoh-tokoh di bawah bisa dibedakan ke dalam beberapa kelompok yaitu:

  • Vegetarian. Yang masuk kategori ini merupakan tokoh-tokoh yang belum saya ketahui secara jelas adalah vegetarian kategori apa. Mungkin saja masih mengkonsumsi telur atau susu.
  • Ovo-vegetarian. Tidak mengkonsumsi daging dan susu, namun masih mengkonsumsi produk telur.
  • Lacto-vegetarian. Tidak mengkonsumsi daging dan telur, namun masih mengkonsumsi produk susu.
  • Ovo-lacto-vegetarian. Tidak mengkonsumsi daging, namun masih mengkonsumsi produk telur dan susu.
  • Vegan. Tidak mengkonsumsi segala jenis produk yang berasal dari hewan, meliputi daging, susu, telur, madu, dll. Di luar makanan, pengertian vegan juga bisa diperluas menjadi tidak membeli segala produk yang mengeksploitasi hewan seperti kulit, rambut, sirkus hewan, produk yang diujicobakan pada hewan, dsj.
  • Raw-vegan. Vegan yang mengkonsumsi hampir seluruh makanannya secara mentah.
  • Pescetarian. Tidak mengkonsumsi daging kecuali seafood.
  • Fruitarian. Hanya mengkonsumsi makanan yang tidak membunuh baik hewan maupun tumbuhan, meliputi buah-buahan, kacang, padi, dan polong. Fruitarian tidak memakan tumbuhan yang langsung mati ketika dipanen seperti kentang atau wortel.
  • Semi-vegetarian. Menjadi vegetarian beberapa kali dalam satu periode, misalnya 3 kali seminggu. Atau tidak mengkonsumsi daging merah, namun masih mengkonsumsi daging unggas, ikan, susu, dan telur.
  • Flexitarian. Vegetarian yang kadang-kadang masih mengkonsumsi daging.

Update Tokoh Baru
Tokoh Profesi Diet Kutipan
Bill Gates
Pengusaha, investor, programmer, penemu, dan dermawan asal Amerika Vegan "Masa depan daging adalah vegan."
Steve Jobs
Entrepreneur, penemu, dan CEO Apple Inc. Fruitarian, vegan, pada akhir masa hidupnya menjadi pescetarian -
Russell Simmons
Pengusaha terkemuka asal Amerika (pemilik label rekaman Def Jam) Vegan "Saat itu, saya melihat hamburger sebagai sesuatu yang tertimbun antara dua roti - bukan sapi, sayap adalah sesuatu yang dicelupkan ke dalam saus BBQ - bukan ayam, dan susu adalah sesuatu yang kita minum sebagai manusia, tidak pernah menyadari bahwa susu sapi dimaksudkan ada untuk anak sapi."

"Lebih banyak saya mempelajari tentang pabrik peternakan dan kekejaman yang harus dilalui oleh hewan ternak sebelum mereka diantar (atau diseret) menuju pembantaian mereka, saya semakin sadar bahwa saya tidak bisa berkontribusi terhadap kekerasan ini dengan perasaan tak bersalah."
1
Tokoh Profesi Diet Kutipan
1

No comments:

Post a Comment