Wednesday 13 November 2013

Tokoh Vegetarian di Bidang Seni & Hiburan

Silakan kasih tahu di bagian komentar kalau ada yang salah atau perlu diubah di daftar ini ya. :)

Update Tokoh Baru
Tokoh Profesi Diet Kutipan
Ariana Grande
Aktris, penyanyi, dan penulis lagu asal Amerika. Vegan "Saya sudah sejak kecil makan makanan organik dan selalu makan daging seminimal mungkin, tapi hari ini menandai hari pertama saya sebagai 100% vegan! Hari yang membahagiakan."
(dari Twitter)
-

-----------
Tokoh Profesi Diet Kutipan
Adam Young (Owl City)
Musisi, penyanyi, penulis lagu, multi-instrumentalist, dan penemu proyek elektronik Owl City. Vegetarian "Memastikan binatang tidak digunakan dalam pengujian laboratorium produk kecantikan selalu menjadi masalah besar bagi saya. Memikirkannya saja saya ngeri. Hal tersebut benar-benar harus dihentikan."

"Makanlah selada, bukan sandwich ham."
Adele
Penyanyi, penulis lagu, musisi, dan multi-instrumentalist asal Inggris Vegetarian "Saya bisa mencari cara lain untuk mendapatkan daging yang dibutuhkan. Tetapi saya benci tahu. Setiap kali saya akan memakan daging, saya selalu menatap mata anjing mungil saya."
Alan Cumming
Aktor, penyanyi, penulis lagu, sutradara, produser, dan penulis asal Skotlandia. Vegan "Saya memang tidak suka daging. Mayat membusuk tidak terasa enak di tubuh saya. Saya juga melihat dokumenter tentang hormon dan apa-apa saja kandungan dalam daging. Pada tingkat kesehatan, daging sangat mengerikan. Saya dulu makan ikan, tapi ikan mengandung merkuri yang tidak baik."
Alicia Silverstone
Aktris, produser TV dan film, penulis, aktivis hak hewan dan lingkungan. Vegan "Saya tahu bagaimana rasanya disakiti, dan saya tidak ingin menyebabkan rasa sakit itu ke orang lain ataupun makhluk lain. Tapi entah bagaimana, di masyarakat kita, kita mengebalkan diri kita demi mendapat uang ataupun demi merasa lebih baik mengenai diri kita sendiri, seperti kosmetik dan makanan. Kita berkata pada diri sendiri, "Saya akan menggunakan hewan ini. Saya akan berkata hewan ini tidak terlalu berharga agar saya bisa melakukan hal kejam ini." Dan itu tidak adil."
Anne Hathaway
Aktris asal Amerika. Vegan "Setelah menyelesaikan (syuting adegan) perkelahian di atas atap, saya memakan empat potong pizza dan menelan sebotol anggur merah dengan kekasihku. Badan saya langsung tidak enak. Setelah selesai syuting film, saya memutuskan mencoba pola veganisme. Anda tidak bisa rakus sebagai vegan. Anda bisa makan banyak pasta dan beberapa kue kering vegan."
Billy Idol
Musisi rock asal Inggris Vegetarian -
Brad Pitt
Aktor dan sutradara film asal Amerika. Vegetarian (?) -
Bryan Adams
Penulis dan penyanyi lagu rock, musisi, sutradara, aktor, dan fotografer Kanada. Vegan "Simpati pada hewan adalah hal yang muncul secara alami bagi saya. Mungkin karena dulu saya memiliki beberapa anjing yang tumbuh bersama saya, dan mereka sudah menjadi bagian dalam keluarga. Dan saya tidak pernah menyadari hal ini sebelumnya... Saya tidak pernah menyamakan kekejaman pada hewan dengan anjing yang saya miliki di usia muda saya."

"Setiap hari ketika Anda membaca koran Anda akan melihat semakin banyak berita mengenai pengrusakan habitat dan kekejaman dalam skala besar. Saya telah membuat keputusan sadar untuk tidak mengambil peran dalam siklus pembunuhan hewan karena saya tidak habis pikir bagaimana bisa mengusahakan Greenpeace lalu kemudian memakan ikan. Serius, jika Anda memperbincangkannya (Penghijauan), maka Anda harus melaksanakannya."

"Saya menentang penggunaan bulu binatang dan produk binatang jenis apapun. Saya tidak memakannnya, saya juga tidak mengenakannya. Saya tidak akan membunuh makhluk apapun--entah anjing laut, sapi, anjing, atau apa saja. Jadi kapanpun Anda berbicara tentang kekejaman pada hewan, saya sepenuhnya menentangnya."

Carrie Underwood
Penyanyi dan penulis lagu country, dan aktris asal Amerika. Vegan "Saya berhenti makan daging sapi pada umur 13 tahun dan berhenti makan semua jenis daging beberapa tahun lalu. Saya akan merasa bersalah jika apa yang ada di atas piring saya masih bisa berjalan di hari yang lalu. Saya harus memilih hidup dengan itu atau berhenti makan daging. Saya memilih yang terakhir, dan saya lebih bahagia karenanya."
Casey Affleck
Aktor dan sutradara film asal Amerika Vegan "Jika ada yang bertanya kenapa saya tidak makan daging atau produk hewani lainnya, saya berkata, "Karena produk hewan tidak sehat dan berasal dari industri yang kejam dan tidak manusiawi." ... Ayam, sapi, dan babi menghabiskan seluruh hidupnya dalam kondisi yang jorok dan kotor hanya untuk mati secara lama dan menyakitkan."
Chris Martin (Coldplay)
Musisi, penulis lagu dan penyanyi asal Inggris Vegetarian (?) -
David Duchovny
Aktor, penulis, dan sutradara asal Amerika Pescetarian "Saya dibesarkan di kota dengan sejuta cerita tentang kota sensasional ini. Sekarang, saya seorang pria dewasa dengan putri yang seorang vegan. Kami berdua suka menghabiskan waktu di Candle Cafe yang ada di sisi timur dan barat kota New York."

Demi Moore
Aktris, produser, sutradara, mantan penulis lagu, dan model asal Amerika. Raw vegan -
Devon Aoki
Model dan aktris asal Amerika Vegan "Kadang-kadang saya bertanya, apakah saya mau minum susu dari payudara wanita yang tidak saya kenal? Tidak. Jadi, saya pikir kenapa saya harus meminumnya dari seekor sapi."
Ellen DeGeneres
Stand-up comedian, host TV, dan aktris Amerika Ovo-vegetarian (ex-vegan) "Jika ingin melakukan pengujian kosmetik, kenapa harus melakukannya pada hewan malang yang tidak tahu apa-apa? Harusnya mereka mencoba mengujikannya pada narapidana yang melakukan pembunuhan atau pemerkosaan saja. Jadi, daripada mencoba melihat apakah sebuah parfum akan melukai mata kelinci, mereka harusnya meneteskannya di mata Charles Manson dan bertanya apakah rasanya sakit."

"Saya menjadi vegan karena saya melihat pemandangan nyata yang terjadi di tempat penyembelihan dan peternakan susu."

"Coba tanyakan ke orang-orang kenapa mereka memajang kepala rusa di dinding mereka. Mereka selalu berkata, karena rusa adalah hewan yang indah. Begitu, ya. Saya juga berpikir bahwa ibu saya menarik, tapi saya punya foto untuk itu."
Enya
Penyanyi, pemain alat musik, dan penulis lagu asal Irlandia. Vegetarian -

Geezer Butler (Black Sabbath)
Musisi dan penulis lagu asal Inggris (bassist Black Sabbath) Vegan "Saya menjadi vegetarian sekitar... sepertinya sekitar umur 8 tahun. Saat itu, saya sedang memotong daging (makanan) saya, dan keluar darah dari dalamnya, dan saya menyadari ... Saya bertanya kepada ibu saya, "Dari mana asalnya daging ini? " Dan katanya, "Dari binatang," dan begitulah."

"Kehidupan adalah pemberian terhebat dari Tuhan atau alam. Segala kehidupan seharusnya diperlakukan dengan penuh respect dan hormat."

"Saya menyayangi binatang. Saya punya banyak anjing dan kucing. Saat ini saya punya empat anjing dan sembilan kucing, semuanya saya tolong dari penyiksaan atau penelantaran."
Gustav Holst
Komposer dan guru musik asal Inggris Vegetarian -
Sir Ian McKellen
Aktor asal Inggris Vegetarian "... Bukan nalar atau suara hati saya yang membuat saya tidak menyentuh daging dan unggas (kini juga ikan), melainkan memori mengenai mayat membusuk tak dikenal di pantai itu."
Isadora Duncan
Penari asal Amerika Vegetarian "Seorang penyembelih dengan celemek bersimbah darahnya, membunuh. Kenapa tidak? Dari meggorok tenggorokan anak lembu hingga saudara dan saudari kita hanya butuh sebuah langkah. Saat diri kita sendiri merupakan kuburan hidup dari para hewan yang dibunuh, bagaimana bisa kita mengharapkan kondisi ideal di bumi ini?"
James Cameron
Sutradara film, produser film, penjelajah laut dalam, penulis naskah, dan editor asal Kanada. Vegan "... anak-anak menginginkan hamburger dan Coke karena mereka anak-anak. Namun kesadaran seluruh umat manusia hanyalah seperti kesadaran anak lima tahun secara emosional. Memakan hewan bukanlah sebuah keharusan, kita memilih untuk melakukannya, karena itu memakan hewan menjadi pilihan moral dan merupakan salah satu hal yang memiliki dampak besar terhadap planet ini, menghambur-hamburkan sumber daya dan menghancurkan biosfer."

"Anda tidak dapat menjadi seorang environmentalist (pecinta lingkungan), Anda tidak bisa menjadi pelindung samudera, jika Anda tidak betul-betul menempuh cara hidup yang sesuai. Dan Anda tidak akan bisa menciptakan masa depan yang baik di dunia ini, dunia yang berada di depan kita, dunia anak-anak kita, jika Anda tidak memakan makanan berbasis tumbuh-tumbuhan."
James Cromwell
Aktor film dan televisi asal Amerika Vegan "Melarang hewan untuk menentukan keinginan mereka sendiri dan menolak hak hidup mereka di habitat alami merupakan sebuah bentuk agresi; itu sebuah agresi yang menentang planet kita dan makhluk berkesadaran lainnya. Mulailah dengan satu kali makanan vegan dalam sehari, kemudian sehari dalam seminggu, lalu seminggu dalam sebulan. Bergeraklah terus hingga tidak mengkonsumsi hewan dan produk hewani dan perbanyak informasi Anda. Tidak ada yang perlu dikorbankan untuk melakukannya, dan hal tersebut juga sangat mudah dilakukan. Dan kemudian Anda akan mulai berpikir, 'Apa lagi?' Proses ini akan memulai kesadaran Anda."

Jane Lynch
Aktris, penyanyi, dan komedian asal Amerika. Vegetarian "Ada 8 sampai 10 juta anjing yang diletakkan di tempat penampungan setiap tahun dan hanya sekitar setengah dari mereka yang diadopsi, jadi sisanya di-eutanasia. Dan asal tahu saja, untuk dikeluarkan ke dunia ini secara prematur merupakan hal yang buruk, jadi kita bisa mengontrol populasi mereka dengan cara memandulkan dan mengebiri hewan peliharaan kita sendiri."
Janet Jackson
Penyanyi dan aktris asal Amerika. Vegan -
Jared Leto (30 Seconds to Mars)
Aktor dan musisi (band 30 Seconds To Mars) asal Amerika. Vegan "Dulu kami (30 Seconds To Mars) mengurbankan kambing, tapi setelah kami semua menjadi vegan, kami selalu mengurbankan tahu sebelum pertunjukan!"
Jason Mraz
Penyanyi Ovo vegetarian, raw vegetarian (ex-vegan) "Sebenarnya saya bukan lagi vegan ketat. Saya memang tidak menoleransi bahan keju -- saya tidak makan keju. Saya tidak minum susu. Tapi sekali-kali saya akan makan telur. Saya mengkonsumsi telur yang berasal dari peternakan tetangga di sebelah rumah saya, yang langsung dari sumbernya."
Joaquin Phoenix
Aktor, sutradara video musik, produser, musisi, dan aktivis sosial asal Amerika (juga narator movie "Earthlings" yang populer di kalangan vegan). Vegan "Hak asasi hewan adalah bagian dari keseharian saya. Ketika Anda hidup sebagai contoh, Anda menciptakan kesadaran pada tingkatan tertentu."

"Saya saat itu 3 tahun - tapi saya masih ingat jelas hingga kini. Saya sekeluarga sedang di kapal untuk memancing. Ketika seekor ikan tertangkap, dia menggeliat, kemudian dia dilempar ke sisi lain kapal. Tidak ada yang bisa menyembunyikan apa yang terjadi. Inilah yang kita lakukan terhadap binatang untuk memakannya. Binatang yang awalnya memiliki kehidupan, menjadi makhluk yang mati-matian bertarung mempertahankan hidup hingga kematiannya yang kejam. Saya menyadarinya, begitu juga saudara-saudari saya."
Johny Depp
Aktor, produser film, dan musisi asal Amerika. Vegan (mungkin hanya sementara) "Jika Anda tidak suka melihat foto kekerasan pada hewan ditampilkan, Anda harus menghentikan kekerasannya, bukan fotonya."
Ke$ha Shebert
Penyanyi Vegetarian "Saya cinta pada binatang, dan saya pembela hak-hak binatang. Keluarga saya telah menyelamatkan anjing dari berbagai belahan dunia. Saya tidak percaya pada animal testing (pengujian hewan). Kalau ada yang melihat saya mengenakan bulu binatang, itu selalu bulu palsu. Kadang ada yang melihat saya memakai tengkorak, tapi itu semua berasal dari hewan yang meninggal di jalanan."
Kristen Bell
Aktris asal Amerika. Vegan "Saya lebih tertarik kepada manfaat kesehatannya daripada etika. Tapi ia juga diperkuat oleh kenyataan bahwa saya menyayangi binatang dan merasa lebih baik tidak memakan mereka."

Lea Michele
Aktris dan penyanyi (serial film Glee) asal Amerika. Vegetarian "Banyak yang bingung karena saya hanya makan rumput. Saya berdarah separuh Italia. Saya juga bisa makan pelacur di bawah kolong meja."

"Saya seorang vegan. Ini membuat saya menjadi lebih sehat dan bercahaya."

"Saya dulu vegan selama dua tahun, dan saya sangat menikmatinya. Kemudian saya sampai pada titik di mana saya ingin melakukan hal lain, jadi sekarang saya vegetarian. Anda harus menjalani diet yang sesuai dengan Anda dan perasaan Anda. Dengarkan tubuh Anda. Yang paling penting Anda harus olahraga, minum banyak air, dan merawat diri dengan baik."

Lenny Kravitz
Penyanyi, musisi, dan aktor asal Amerika Vegetarian atau Flexitarian -
Leona Lewis
Penyanyi dan penulis lagu asal Inggris. Vegan "Saya menyebut diri saya sebagai vegetarian dengan tendensi vegan."

"Saya sudah jadi vegan selama beberapa hari, saya mencobanya selama sebulan."

"Saya vegetarian. Saya tidak makan binatang, jadi saya juga tidak memakainya."
Leonardo Da Vinci
Pelukis, pemahat patung, arsitek, musisi, matematikawan, teknisi, penemu, ahli bedah, geolog, kartografer, ahli botani, dan penulis asal Italia jaman Renaissans. Lacto-ovo vegetarian "Tubuh saya tidak akan menjadi kuburan bagi makhluk lain."

"Manusia adalah raja segala binatang - seperti yang digambarkan orang - saya lebih suka menyebutnya sebagai raja monster yang terbuas - sebab mereka menyembelih hewan agar diberi lagi anak-anak dari hewan itu demi kepuasan tenggorokan, dan merekapun menjadi kuburan dari segala hewan; dan saya bisa berkata lebih banyak lagi jika diizinkan mengungkapkan faktanya."
Lily Cole
Model dan aktris asal Inggris. Vegan "Saya bermimpi saya menjadi seorang vegan dan saat saya bangun saya merasa sangat senang. Saya berpikir, 'Ini terasa hebat dan saya akan tetap menjadi vegan.'"
Madonna
Penyanyi asal Amerika. Vegetarian (1973-1996)
Berburu
Non-vegetarian (2003)
Berhenti berburu (2005)
Mengenakan mantel bulu asli (2006)
Pescetarian/Macrobiotic (2008 - ?)
"Saya bukan vegetarian. Seseorang perlu menembak ayam yang Anda makan. . . . Saya rasa ketika Anda menembak unggas dan terlibat ke dalam keseluruhan prosesnya, Anda akan lebih memiliki respect untuk mereka. . . . Setidaknya saya bertanggung jawab atas apa yang saya lakukan."

"Saya bukan vegetarian dan saya mengerti bahwa binatang mati demi makanan saya. Saya menghargai hal tersebut. Tapi saya tidak bisa melakukannya lagi. Saya tidak menembak lagi sejak itu."
Maggie Q
Aktris dan mantan model fashion asal Amerika (Mission: Impossible III, Priest) Vegan "Saya merasa lebih sehat, saya punya lebih banyak energi saat kerja dan seusai kerja, dan saya mendapat rasa puas karena tahu bahwa saya melakukan sesuatu untuk menghentikan penderitaan para hewan."
Martin Freeman
Aktor asal Inggris (The Hobbit) Vegetarian -
Martin Shaw
Aktor asal Inggris Vegetarian / vegan "Jadi vegetarian merupakan pusat hidup saya. Saya betul-betul lebih bugar, kuat, dan sehat dibandingkan orang-orang di sekeliling saya! Benar-benar sangat membantu jadwal saya yang begitu sibuk. Ketika Anda jadi vegetarian, Anda akan memperluas wawasan Anda karena Anda akan lebih rajin mencari tahu tentang makanan baru yang tidak pernah Anda coba sebelumnya."
Michael Bolton
Penyanyi dan penulis lagu asal Amerika Vegetarian -
Michael J. Fox
Aktor, penulis, produser, aktivis, dan aktor suara asal Kanada Vegan -
Milo Ventimiglia
Aktor asal Amerika Vegan "Anda bisa menjadi vegetarian dan makan pizza setiap hari."
Missy Elliott
Rapper, penyanyi. penulis lagu, produser rekaman, penari, dan aktris asal Amerika. Vegan -
Morrissey
Penyanyi dan penulis lirik asal Inggris. Vegan "Jika Anda sayang pada hewan, Anda jelas tidak boleh menyakitinya."
Natalie Portman
Aktris (Black Swan, V for Vendetta, dll) Ovo-lacto-vegetarian (mantan vegan)
"Salah satu alasan saya menjadi vegetarian adalah karena tindakan ini menunjukkan rasa hormat dan cinta terhadap kehidupan di sepanjang hari saya. Jadi tiga kali dalam sehari, Anda memutuskan untuk memakan sesuatu yang tidak dibunuh terlebih dahulu."
Ne-Yo
Penyanyi, penari, penulis lagu, dan aktor asal Amerika Vegan "Mulai jadi vegan di tahun baru ini awalnya hanya untuk menguji kedisiplinanku, tapi setelah membaca lebih jauh tentang kekejaman terhadap hewan dan lainnya, lebih banyak maknanya ternyata."
Pamela Anderson
Aktris, model, produser, penulis, aktivis, dan mantan gadis pertunjukan asal Kanada. Vegan "Setiap kami mengunjungi KFC, anak-anakku akan memintaku membunyikan klakson dan mereka akan berseru 'Boo' dari jendela mobil."
Sir Paul McCartney (The Beatles)
Penyanyi dan musisi (The Beatles) Vegetarian "Ketika saya melihat daging asap, saya melihat seekor babi, saya melihat sesosok teman mungil, dan karena itulah saya tidak bisa memakannya. Sederhana."

"Jika Anda ingin menyelamatkan planet ini, Anda hanya harus berhenti memakan daging. Ini adalah salah satu hal terpenting yang bisa Anda lakukan. Mengejutkan jika dipikirkan. Vegetarianisme akan mengurangi berbagai masalah sekaligus: ekologi, kelaparan, kekejaman."

P!nk
Penyanyi, penulis lagu, musisi, dan aktris asal Amerika Semi-vegetarian, hampir vegan (sesekali makan ikan dan ayam) "Ketika masih kecil, saya menyelamatkan binatang yang terluka, dan selalu punya binatang peliharaan seperti tikus, kucing, anjing, dll. Saya juga membantu tetangga saya di peternakan. Saya selalu sangat menyayangi binatang. Saya juga dikenal sering mengatakan betapa menjijikkannya orang yang mengenakan bulu binatang. Saya sangat lantang. Saya mendapat banyak reaksi buruk, namun itu tidak menghentikan saya. Hingga kiamat, saya akan selalu ada di pihak hewan. Kekejaman adalah kekejaman, jelas dan simple."
Portia de Rossi
Aktris berdarah Autralia-Amerika. Vegan "Keputusan saya untuk tidak lagi memakan binatang merupakan hal yang maha penting bagi pertumbuhan saya secara spiritual. Saya jadi sadar akan keserakahan dan saya lebih peka terhadap kekejaman. Saya merasa berkontribusi membuat dunia lebih baik dan merasa terhubung dengan segala sesuatu di sekeliling saya. Saya merasa sadar saya adalah bagian dari kesatuan dengan menghargai setiap kehidupan, bukannya memakai dan menghancurkannya dengan cara hidup tanpa kesadaran. Kesembuhan berasal dari kasih. Dan mengasihi setiap makhluk hidup akhirnya akan membuat Anda mengasihi diri Anda sendiri."
Ricky Martin
Penyanyi, penulis lagu, dan penulis asal Puerto Rico. Vegetarian "Sudah 7 minggu dengan diet #vegetarian! I feel amazing! #NoFish #NoRedMeat #NoChicken" (Twitter)
Ringo Starr
Musisi, penyanyi, penulis lagu, dan aktor asal Inggris (drummer The Beatles) Vegetarian (tapi menurut IVS, Ringgo makan daging dua kali dalam setahun) "Saya makan daging dua kali dalam setahun. Pada Bonfire Night saya makan sosis dan saat Natal saya makan kalkun dengan segala perayaannya, karena itu menyenangkan. Saya sangat senang ketika Natal. Jadi, ada dua hari di mana saya makan daging."
Rob Bourdon (Linkin Park)
Drummer Vegetarian -
Robin Williams
Aktor, aktor suara, dan stand-up comedian asal Amerika. Raw Vegan (setelah operasi jantung) -
Russell Brand
Pelawak, aktor, dan penulis asal Inggris. Vegan "Saya sekarang vegan, dadah telur, halo Ellen."

Sandra Oh
Aktris (Grey's Anatomy) asal Kanada. Vegan (?) -

Sherina Munaf
Aktris, penyanyi pop, dan penulis lagu asal Indonesia. Pescetarian "Saya tidak makan ayam dan daging merah sejak 2 tahun belakangan. Awalnya karena tayangan di TV, kemudian dengan sendirinya tidak bisa lagi makan makanan tersebut, ditambah dengan beberapa fakta kesehatan yang saya baca. Tapi saya masih makan seafood dan telur, jadi bukan vegetarian sepenuhnya."

"Ini pilihan saya. Saya rada jijik dengan daging merah."
Stella McCartney
Perancang busana asal Inggris Vegan "Seseorang dari Manolo Blahnik datang ke toko saya dan bilang: 'Sepatu ini tidak vegetarian.' Itu adalah pujian terbesar, karena dia tidak percaya bahwa sepatu saya vegan, padahal semuanya memang vegan."
Tobey Maguire
Aktor (Spiderman) dan sutradara film asal Amerika. Beegan "Saya bisa dikatakan hampir vegan, tapi secara teknis tidak. Saya tidak makan telur dan hampir tidak ada produk dairy, baik susu maupun keju. Saya mengkonsumsi madu, dan beberapa batang coklat susu sesekali. Sebenarnya bagi saya tidak terlalu susah. Saya tidak pernah berkeinginan makan daging. Malahan, waktu kecil saya kesulitan untuk makan daging-dagingan. Daging yang saya makan harus mudah digigit, tanpa lemak, tanpa tulang rawan atau tulang keras dan sejenisnya. Saya tidak menghakimi orang  yang mengkonsumsi daging - itu bukan hak saya - tapi hal tersebut membuat saya mual."
Usher
Penyanyi, penulis lagu, penari, dan aktor asal Amerika. Vegan
Vincent Van Gogh
Pelukis post-Impressionist asal Belanda Semi-vegetarian (makan daging hanya di hari Minggu) "Sejak mengunjungi rumah sembelih di S. France saya berhenti makan daging."
Woody Harrelson
Aktor asal Amerika Raw vegan "Jika Anda makan ayam, mungkin Anda ada di satu level. Jika Anda mengenakan mantel cerpelai, Anda mungkin berada di level lain. Tapi jika Anda memakai kosmetik, kosmetik yang diujicobakan pada binatang, berarti Anda hanya tidak sadar. Sungguh, pesan saya sederhana. Ini adalah pesan tentang kasih sayang. Dalam dunia yang berputar tak terkendali ini, kita harus menyadari bahwa kita semua terhubung. Kita harus berusaha hidup secara harmonis."
1

No comments:

Post a Comment